HAKIM WASMAT PENGADILAN NEGERI KALABAHI LAKUKAN PENGAWASAN DAN PENGAMATAN TERHADAP NARAPIDANA LAPAS


Kalabahi (26/06/20) Demi terlaksananya pelayanan kepada para narapidana binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Hakim Yon Maharim S.H. selaku Hakim Wasmat didampingi Panitera Pengganti Agnes F. Dami, S.H. selaku Sekretaris dari Pengadilan Negeri Kalabahi melakukan pengawasan dan pengamatan  terhadap narapidana binaan Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Tepat pukul 10.00 Wita bertempat di Aula Lapas Kelas IIB Kalabahi, Yon Mahari, S.H. dan Agnes Fitalia Dami, S.H. bertemu Effendi Yulianto selaku Kalapas Kelas IIB Kalabahi, Yonatan Bani selaku Kasi Binadikgiatja, Luther Tangasa selaku Kasubsi Regbimkemas dan 6 orang narapidana.

Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh kepastian bahwa putusan pengadilan dilaksanakan sebagaimana mestinya dan sebagai bahan penelitian demi ketetapan yang bermanfaat bagi pemidanaan yang diperoleh dari perilaku narapidana atau pembinaan Lembaga Pemasyarakatan serta pengaruh timbal balik terhadap narapidana selama menjalani pidananya.

Dalam pelaksanaannya, Yon Mahari, S.H. mewawancarai Kasi Binadikgiatja, Yonatan Bani terkait perilaku dan hasil-hasil pembinaan narapidana, baik kemajuan-kemajuan yang diperoleh maupun kemunduran-kemunduran yang terjadi.

Setelah itu, Yon Mahari, S.H. juga mewawancarai langsung 6 orang narapidana untuk mengetahui hal ihwal perlakuan terhadap diri mereka, hubungan-hubungan kemanusiaan antara sesama mereka sendiri maupun dengan para petugas Lapas.

Setelah wawancara, Hakim Wasmat dan Sekretarisnya pun langsung melakukan observasi terhadap suasana dan kegiatan-kegiatan yang berlangsung di dalam lingkungan Lapas dengan tujuan untuk menilai apakah keadaan Lapas sudah memenuhi pengertian bahwa pemidanaan tidak dimaksudkan untuk menderitakan dan tidak diperkenankan merendahkan martabat manusia, serta untuk mengetahui secara langsung perilaku narapidana dalam Lapas.