Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (


Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Sistem Peradilan Pidana Terpadu Berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI) anatar Pengadilan Negeri Kalabahi Kelas II, Kejaksaan Negeri Alor, Kepolisian Resor Alor dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kalabahi diruang siang garuda Rabu, 17 Juli 2019 pagi.

Dalam sambutan Ketua DPRD Alor Martinus Alopada dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini penting dan strategis dalam menekuni permasalahan hukum baik secara nasional, regional terkhusus di Alor. “Intinya adalah kerjasama antara empat lembaga hukum ini bukan hanya ungkapan dan kata-kata tetapi pelaksanaannya ini sudah berbasis teknologi informasi. Artinya kasus apa yang ditangani secara mendetail penegak hukum sudah bisa diketahui,” kata Martinus. Ketua DPRD juga berharap kegiatan ini bukan hanya ceremonial saja tetapi harus ditindaklanjuti demi kepentingan masyarakat pencari keadilan. Sementara Bupati Alor Amon Djobo dengan MOU ini masing-masing lembaga sudah mengetahui fungsi dan tugas masing-masing dalam penegakan hukum. “Kalau penanganan kasus sudah dalam bentuk aplikasi maka tidak aa yang bisa lolos karena publik bisa mengakses informasinya. Jadi kita jangan pikir macam-macam dengan 4 lembaga ini lagi,” kata Amon. Bupati Amon berharap, kerjasama yang positif ini jika ada perlu dukungan pemerintah maka pemerintah akan membuka diri dan siap memberikan dukungan. Ketua Pengadilan Negeri Kalabahi Kelas II Bapak Amin Imanuel Bureni, SH. MH kepada mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut yang dilakukan di pusat oleh Mahkama Agung. “Tujuannya adalah agar ada saling keterbukaan dalam menangani suatu proses perkara pidana mulai dari penyidikan sampai Lapas, Untuk itu ia berharap, dengan kerjasama ini kalaupun ada perkara yang SP3 maka Pengadilan juga bisa mendapatkan tembusannya sehingga, ada pengakuan termasuk pelaksanaan putusan pidana. “pada dasarnya 4 lembaga hukum ini terus menegakan hukum dan sama-sama meningkatkan kepercayaan masyarakat kepa 4 lembaga hukum ini,” tutup Ketua Pengadilan Negeri Kalabahi Kelas II Bapak. Amin I Bureni, SH.MH.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakapolres Alor Kompol M Arief Sadikin, Kepala Kejaksaan Alor Pipiet Suryo Priarto Wibowo, SH.MH, Kepala Lapas Mukhtar, Kepala Pengadilan Agama Agus Salim, Pasi OPS Kodim 1622/Alor I Made Wiranata.

Kembali