KETUA MAHKAMAH AGUNG MENERIMA KUNJUNGAN UNITED NATION RESIDENT COORDINATOR


KETUA MAHKAMAH AGUNG MENERIMA KUNJUNGAN UNITED NATION RESIDENT COORDINATOR

KETUA MAHKAMAH AGUNG MENERIMA KUNJUNGAN UNITED NATION RESIDENT COORDINATOR

Jakarta-Humas : Ketua Mahkamah Agung RI Prof.Dr.M.Syarifuddin,SH.,MH Menerima kunjungan kunjungan kehormatan United Nation Resident Coordinator Valerie Juliand pada Jumat, 19 Maret 2021 bertempat di ruang kerja Ketua Mahkamah Agung lantai 13. Pertemuan kali ini, KMA didampingi Ketua Kamar Pembinaan Prof.Dr.Takdir Rahmadi,SH.,LLM

Mahkamah Agung RI menyambut baik atas pertemuan tersebut dan diharapkan akan membuka  jalan bagi  hubungan dan kerja sama  di bidang penegakan  hukum dan keadilan.

Pada pertemuan tersebut membahas apresiasi Mahkamah Agung atas kerja sama program yang telah dijalin dan melibatkan dukungan Persatuan Bangsa – Bangsa (PBB) melalui agensinya di Indonesia. Selain itu, dibahas pula tentang pilihan-pilihan upaya mencapai sustainable development goals (SDG’s) di samping isu gender dan gambaran keterwakilan perempuan baik di Mahkamah Agung maupun di Badan Peradilan di bawahnya.

Lebih jauh lagi, Mahkamah Agung dan Koordinator Resident telah mengidentifikasi area untuk keberlanjutan Kerjasama, yang meliputi:

1. Penguatan Kerjasama di bidang Kemudahan Berusaha, khususnya yang berkaitan dengan fungsi peradilan dalam enforcing contracts dan resolving insolvency yang selama ini telah ikut diupayakan oleh Mahkamah Agung melalui gugatan sederhana (small claim courts) dan mekanisme e-litigasi untuk perkara perdata.

2. Penguatan Kerjasama terkait pencegahan, pelestarian dan penyelesaian perkara lingkungan.

3. Pengembangan pedoman pemidanaan termasuk untuk perkara gratifikasi.

4. Pengembangan kapasitas peradilan dalam penanganan perkara maritim.

Acara pertemuan ini dimulai jam 09.00WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Kembali